Penghijauan Bantaran Sungai Siak

Seribu pohon ditanam untuk menambah keasrian  bantaran Sungai Siak di Kecamatan Tenayan Raya dan Kecamatan Rumbai Pesisir, Riau.  Aksi ini diinisiasi oleh PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau berkolaborasi dengan PT PJB UBJOM Tenayan pada  Hari Menanam Pohpon Nasional 2019.

Penanaman pohon pada Kamis (28/11) itu  dipusatkan di areal Taman Bunga Okura yang berada di belakang PLTU Tenayan Riau. Bibit  yang ditanam berupa  pohon buah meliputi mangga, kelengkeng, dan  durian. Selain itu, ditanam juga 200  bibit mangrove spesial sumbangan dari PLN. Mangrove ini bisa hidup di air tawar dan diharapkan dapat melindungi tepian Sungai Siak dari abrasi akibat  gelombang arus sungai.

Selain di Tenayan,  penanaman pohon  juga dilakukan PLN serentak di seluruh Indonesia dengan jumlah total 21.000  bibit.   GM PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Daru Tri Tjahjono,  berharap agar pohon yang ditanam dapat memberikan dampak ekonomi di masa serta mengurangi abrasi di masa mendatang.

Sementara Wakil Walikota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi, S.Si berpesan  agar masyarakat menjaga bibit yang telah  ditanam. “Menanaman pohon bermanfaat bagi kita, menghasilkan oksigen yang dibutuhkan manusia. Dalam satu bulan ini mari kita galakan menanam pohon,” pesan Wakil Walikota.

Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat berpartisipasi dalam acara tanam pohon  yang  merupakan salah satu wujud komitmen PLN dan UBJOM Tenayan dalam  pelestarian lingkungan hidup. Diantaranya Wakil Walikota Pekanbaru,  GM PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau,  dan  GM PT PJB UBJOM Tenayan Agus Prastyo Utomo. Hadir pula pejabat dari PLN UI P3BS, PLN   UIP Sumbagteng, Dinas LHK Kota Pekanbaru, Muspika Kecamatan Rumbai Pesisir, serta tokoh adat dan masyarakat setempat.

Taman Bunga Okura terletak di  Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai pesisir. Kesejukan pemandangan   tepi Sungai Siak serta indahnya warna – warni bunga menjadi daya tarik   taman di belakang PLTU Tenayan ini. Okura  dipilih sebagai lokasi penanaman pohon untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa  PLN Grup selalu konsen dalam usaha pelestarian lingkungan.(jun)