Pengukuhan Kelompok Lele Mina Tirta

Ada yang berbeda dari wajah para anggota Kelompok Lele Mina Tirta Mandiri binaan CSR PT PJB UP Cirata, mereka tampak lebih berseri dan bahagia. Senin, (27/1) menjadi salah satu hari bersejarah, karena kelompok ini dikukuhkan secara resmi menjadi salah satu kelompok usaha di bidang perikanan yang tercatat di pemerintahan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta.

Pengukuhan Kelompok Lele Mina Tirta Mandiri dihadiri oleh Kepala Bidang Budidaya Perikanan Dinas Perikanan Purwakarta, Kementrian Perlautan dan Perikanan yang diwakili Kepala Penyuluhan Perikanan Purwakarta, Camat Plered, Kepala Desa Cibogohilir dan Manajer Keuangan dan Administrasi beserta tim PT PJB UP Cirata.

Manajer Keuangan dan Administrasi PT PJB UP Cirata, Priyono dalam sambutannya menyampaikan bahwa kelompok ini merupakan kelompok pilot dalam budidaya lele sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sementara Ir. Komaran, M.Si selaku Kepala Bidang Budidaya Perikanan Dinas Perikanan Purwakarta juga menyampaikan bahwa ke depan kelompok budidaya ikan di Purwakarta akan menjadi salah satu solusi pengurangan pengangguran di Purwakarta.

Pengukuhan ini menjadi simbol keseriusan kelompok lele Mina Tirta Mandiri dalam menjalankan bisnis budidaya lele. Selain acara pengukuhan, kelompok inipun mengundang seluruh tamu untuk panen lele yang ketiga pada periode budidaya pertama. Jumlah panen keseluruhan di periode ini mencapai 5 kwintal. Jumlah ini cukup besar untuk kelompok yang baru berjalan kurang dari enam bulan.

Keberadaan kelompok ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk dapat terus maju bersama menjadi desa mandiri. (zrp)