Peresmian Sekolah Alam Indonesia Pekanbaru

 

Pendidikan merupakan pilar utama dalam membangun karakter generasi muda untuk mencapai kesuksesan di masa depan. Pola pendidikan yang ada saat ini sangat beragam dengan berbagai kurikulum yang ada. Paradigma umum dalam dunia pendidikan umumnya sekolah harus selalu berada di ruang kelas dengan berbagai buku-buku pelajaran tersimpan di dalam tas. Kurikulum di sekolah konvensional/formal selalu mengukur kecerdasan dan prestasi siswanya lewat ujian tertulis dan angka di buku rapor. Meskipun demikian, saat ini juga berkembang sistem pendidikan alternatif berbasis alam dan lingkungan yang dinamakan sekolah alam.

Sekolah alam berkembang di berbagai wilayah, termasuk di Pekanbaru. Di Ibukota Provinsi Riau ini, telah dilakukan Soft Launcing Sekolah Alam Indonesia Pekanbaru pada Sabtu (12/5) di kelurahan Industri Tenayan, Pekanbaru. Soft launching dihadiri dihadiri oleh Plt Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, S.Si, Manajer Keuangan dan Administrasi PT PJB UBJOM Tenayan , Joni Arifin serta Kepala Sekolah Alam Indonesia Pekanbaru Debbie Rizka Amelia, Amd.AK, SKM. Saat ini sekolah alam tersebut sedang dalam proses penyelesaian pembangunan infrastruktur dan penambahan peserta didik baru.

Pada kesempatan itu PT PJB UBJOM Tenayan memberikan bantuan CSR sarana pendidikan berupa meja, kursi dan papan tulis. Bantuan ini sebagai wujud kontribusi dan perhatian unit tersebut pada dunia Pendidikan khususnya di ring 1. UBJOM Tenayan juga akan dilibatkan dalam kegiatan belajar mengajar Sekolah Alam Indonesia Pekanbaru melalui kurikulum Go School, Go Green, And Go Energy. Dalam pengembangan kurikulum itu, para siswa akan belajar mengenai PLTU Tenayan dengan mengunjungi lokasi PLTU. Selain itu pegawai PJB akan didaulat menjadi salah satu staf pengajar untuk pelajaran energi dan kelestarian alam.

Sekolah Alam Indonesia Pekanbaru menempati lahan seluas 2 hektar di kelurahan Industri Tenayan. Lahan yang tadinya berupa ladang, kolam, dan kebun telah disulap menjadi sarana belajar dan bermain bagi para siswa. Fasilitas seperti flying fox, spider web, tali rapling, ruang kelas terbuka, dan jalur jelajah alam telah tersedia di sana. Sekolah ini akan membuka pendidikan untuk tingkat play group, TK A, TKB, dan Kelas 1. Tahap selanjutnya akan dilakukan pengembangan fasilitas sarana pendidikan, penambahan tenaga pengajar, hingga pengembangan kurikulum untuk menarik minat calon murid.
Sekolah alam menawarkan suasana belajar di alam terbuka.

Para siswa memanfaatkan segala potensi yang disediakan oleh alam. Mereka menghirup udara segar sambil menikmati keindahan alam sekitar. Konsep belajar yang didapat langsung dari alam membuat anak tidak cepat bosan dan lebih kreatif. Makna kehidupan diajarkan melalui pengenalan anatomi dan klasifikasi fauna seperti belalang, burung, kupu – kupu, lebah, dan flora seperti tanaman kantong semar, pakis, dan padi. Pelajaran ini membuat mereka takjub dan mengucap syukur atas kuasa Allah SWT dalam menciptakan seluruh ciptaanNya.

Alam memberikan pelajaran kepada kita untuk beradaptasi dan bermetamorfosis menjadi pribadi-pribadi tangguh yang siap melewati tantangan dan meraih kemuliaan dalam hidup. Setiap kejadian di alam memberikan hikmah dan pelajaran kepada kita agar dapat direnungkan dan mengilhami lahirnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang. Sekolah alam percaya bahwa alam dan pengalaman adalah guru terbaik. Go School, Go Green, Go Energy. (dms)