ANNUAL REPORT AWARD 2018

PJB secara rutin mengikuti ajang Annual Report Award (ARA) sebagai bentuk komitmen Perusahaan pada  keterbukaan informasi dan memberikan informasi akurat kepada seluruh pemangku kepentingan. Setelah pada ARA 2016 menjadi satu-satunya perwakilan dari PLN Grup di tahap 4 besar, tahun ini PJB berhasil meraih predikat juara 1 pada kategori ‘Private Non Keuangan Non Listed’.

Annual Report PJB  tahun 2018 mengangkat tema ‘Menghadirkan Nilai Tambah dan Harapan Baru Bagi Pemangku Kepentingan Melalui Perkembangan Berkelanjutan’. Melalui tema ini PJB menunjukkan eksistensinya sebagai Perusahaan yang mampu menghadirkan laporan berkualitas serta relevan dengan perkembangan ekonomi dan industri kelistrikan saat ini.

Persaingan untuk menjadi jawara dalam ARA 2018 cukup ketat. Pada kategori  Private Non Keuangan Non Listed PJB bersaing dengan lebih dari 40 perusahaan untuk meraih final 4 besar.  Serangkaian proses dilalui dalam tahap ini, dimulai dari melakukan submisi untuk self-assessment pada aplikasi ARA, verifikasi terhadap skor assessment , hingga akhirnya dipilih sebagai 4 besar. Dalam sesi final dilakukan wawancara langsung oleh juri untuk menentukan Juara 1, 2, dan 3.  Dan akhirnya pada Kamis (14/11) PJB diumumkan sebagai juara 1 dalam malam anugrah ARA 2018 di Jakarta.

Predikat juara pada ARA berkontribusi sebagai  salah satu penentu dalam Skor Good Corporate Governance (GCG) Perusahaan. Saat ini PJB  berhasil memiliki Skor GCG Tertinggi di PLN Grup. Hal ini menunjukkan bahwa PJB tidak hanya mampu mendokumentasikan seluruh kegiatan korporasi dalam Laporan Tahunan, namun juga tercermin dalam penerapan tata kelola korporasi yang berstandar tinggi.

ARA merupakan perhelatan yang diselenggarakan sejak tahun 2002 oleh Kementerian BUMN dan beberapa lembaga lainnya seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) hingga Bursa Efek Indonesia (BEI).  Setelah vakum di tahun sebelumnya, tahun ini ARA digelar dengan tema ‘Keakuratan Informasi Untuk Kinerja Perusahaan Secara Berkelanjutan dengan Memenangkan Dukungan Stakeholders’. ARA 2018 diikuti  lebih dari 300 perusahaan di seluruh Indonesia.  

Secara keseluruhan, ARA memiliki 11 kategori yang dianugerahkan, mulai dari kategori ‘BUMN Keuangan Listed’ hingga ‘Pengelolaan Dana Pensiun’. Susunan dewan juri pun beragam,  melibatkan beberapa Lembaga  seperti Ikatan Akuntan Indonesia, Komite Kebijakan Nasional Governance, serta Kementerian BUMN. Perhelatan ARA bertujuan untuk meningkatkan kualitas informasi dan governance melalui Annual Report atau buku laporan tahunan sebuah perusahaan.

Berikut adalah pemenang ARA 2018 untuk setiap kategori:
1. Kategori Apresiasi Dana Pensiun : Dana Pensiun Perkebunan
2. Kategori BUMD non Listed : PT BPD Sumsel Babel
3. Kategori BUMD Listed : PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk
4. Kategori Private Non Keuangan Non Listed : PT Pembangkitan Jawa-Bali
5. Kategori Private Non Keuangan Listed: PT. Aneka Tambang Tbk
6. Kategori Private Keuangan Non Listed : PT Bank Syariah Mandiri
7. Kategori Private Keuangan Listed : PT. Bank CIMB Niaga Tbk
8. Kategori BUMN Non Keuangan Non Listed : PT Pelabuhan Indonesia II Persero
9. Kategori BUMN Non Keuangan Listed: PT Wijaya Karya Tbk
10. Kategori BUMN Keuangan Non Listed : PT Taspen Persero
11. Kategori BUMN Keuangan Listed : Bank Mandiri Persero Tbk