Asian Power Awards (APA) 2019

Dua gelar penghargaan kembali diraih PJB dalam gelaran Asian Power Awards 2019 di Hotel Shangri-La, Kuala Lumpur, Malaysia. Penghargaan pada Rabu (04/09) malam itu melengkapi tahun ke tiga dimana PJB secara berturut-turut mengukir namanya di ajang bergengsi bagi seluruh perusahaan listrik di Asia tersebut.

Tahun ini PJB mendapatkan penghargaan pada kategori Power Utility of the Year dan Gas Power Project of the Year. Penghargaan diperoleh dari Inovasi berjudul Re-Desain Integrasi Sistem Kontrol GTG dan HRSG Sebagai Solusi Disruptive Technology atau disingkat DISKON karya tim UP Muara Karang. Penghargaan diserahkan oleh Tim Charlton yang merupakan Editor in Chief dari Asian Power Magazine kepada Agus Hariyadi selaku Kepala Kampus PJB Academy Muara Tawar.

Anak Perusahaan PJB, PJB Services juga turut menjadi salah satu penerima penghargaan melalui program COMANDO (Condition Monitoring and Data Operation) Utilization in Power Plant Operation & Maintenance. Keberhasilan ini menjadi pengakuan terhadap kompetensi PJB Group yang mampu bersaing dan bersinar di tingkat internasional.

DISKON merupakan karya inovasi yang diciptakan oleh Suhardiman Nurkholiq, Achmad Khumaidi, dan Rendy Krisnanta Putra. Mereka berhasil menjawab permasalahan gangguan pada integrasi sistem control GTG dan HRSG di PLTGU Muara Karang Blok 1. Masalah itu dipecahkan dengan perbaikan melalui implementasi re-desain. Inovasi ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu desain sistem arsitekturnya sangat sederhana, tingkat risikonya rendah dan waktu pelaksanaan hanya tiga hari tanpa menyebabkan Shut Down PLTGU Blok 1. Penerapan inovasi ini memberikan dampak positif terhadap efisiensi biaya serta meningkatkan kesiapan dan keandalan pembangkit di UP Muara Karang.
Kiprah sebagai pemenang dalam ajang Asian Power Awards dimulai sejak PJB ikut serta dalam kegiatan ini pada tahun 2017. Empat apresiasi diboyong pada tahun itu (Environmental Upgrade of the Year, Power Utility of the Year, Fast-Track Power Plant openghargaans ebagai f the Year, dan Power Utility of the Year). Tahun berikutnya pada 2018, PJB mendapatkan dua penghargaan (Innovative Power Technology of the Year dan Coal Power Project of the Year). Tahun ini dua gelar kembali diraih yaitu Power Utility of the Year dan Gas Power Project of the Year.

Asian Power Awards merupakan penghargaan internasional yang dipersembahkan oleh publikasi Asian Power bagi seluruh perusahaan listrik di Asia. Di tahun ke-15 dari gelaran ini, Asian Power Awards memiliki empat kategori utama mulai dari Proyek Thermal Terbaik, Proyek EBT Terbaik, Proyek Pendukung Terbaik, dan Operator Terbaik. Seiring semakin berkembangan industri pembangkit di Asia, di tahun ini pula Asian Power Awards menerima jumlah pendaftar terbanyak hingga 200 perusahaan. Asian Power Awards didukung oleh beberapa panel juri yang memiliki jam terbang tinggi di industri pembangkitan seperti Direktur Bidang Energi KPMG, Direktur Regional Asia POYRI, hingga Partner dari Pinsent Masons. (*)