PJB CONNECT 2018 Ajang Sharing Knowledge Teknologi Pembangkitan

 

Ratusan pelaku usaha pembangkitan energi listrik, ahli pembangkit, teknisi dan akademisi dari berbagai negara berkumpul di kantor pusat PJB Surabaya pada 29-31 Oktober 2018. Mereka menghadiri PJB CONNECT (Conference & Exhibition of Technology ) 2018 untuk melakukan sharing pengetahuan dan teknologi pembangkit listrik dengan satu tujuan untuk memajukan sektor ketenagalistrikan di Indonesia.

PJB CONNECT 2018 dibuka secara resmi oleh Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dr. Ir. Hendra Iswahyudi, MSi, pada Selasa (30/10). Acara ini merupakan forum internasional yang mempertemukan berbagai pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam bisnis pembangkitan mulai dari kalangan regulator, manufaktur, praktisi serta para ekspert di bidang pembangkitan, akademisi, dan pihak lainnya. “Mereka akan melakukan sharing pengetahuan dan teknologi di bidang pembangkitan, serta membahas isu-sisu terkini tentang pembangkitan energi listrik,” kata Direktur Utama PT PJB, Iwan Agung Firstantara.

Event tahunan yang digelar sejak tahun 2016 ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam peringatan HUT PJB. Tahun ini PJB CONNECT mengambil tema Advance to Maximize Value. Tema ini menggambarkan kondisi PJB yang telah mengimplementasikan berbagai sistem manajemen best practise yang terintegrasi dalam PJB Integrated Management System (PJB-IMS) 2.0, dan Customisasi Product 2.0, yang selanjutnya berusaha memaksimalkan nilai-nilai atau keunggulan tersebut untuk mewujudkan operational and business excellence.

Gelaran PJB CONNECT 2018 merupakan bentuk komitmen PJB dalam mendukung penyediaan listrik dengan kinerja operasi berkualitas dan berdaya saing internasional. Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini PJB melibatkan para engineer muda di lingkungan PLN dan juga mahasiswa. “PJB Connect 2018 dikonsep sebagai pasar rakyat para engineer di Indonesia. Kami mengundang engineer-engginer muda dari PLN Grup dan perwakilan dari perguruan tinggi,” papar Kepala Bidang Engineering PJB, Teguh Widjajanto.

Melalui PJB CONNECT diharapkan muncul gagasan dan inspirasi untuk berinovasi dan bertransformasi,sebagai bagian dari continuous improvement. Hal ini sangat penting mengingat lingkungan bisinis selalu berubah, teknologi selalu berkembang dan tuntutan layanan semakin meningkat. Pelaku usaha di bidang pembangkitan dituntut untuk senantiasa melakukan improvement, mencari dan merumuskan yang lebih baik.

Ada sekitar 80 sesi sharing knowledge teknologi pembangkitan yang digelar selama PJB Connect 2018. Selain itu juga terdapat 76 perusahaan yang menampilkan booth di area pameran. PJB juga turut memamerkan beberapa karya inovasi yang berjaya di level nasional dan internasional.