PJB Gaet Penghargaan Internasional Bidang CSR

Di tahun 2020, PT PJB kembali menggaet penghargaan dari Asia Responsible Enterprise Award (AREA) pada kategori Social Empowerment. Pencapaian pada kategori ini, merupakan cerminan komitmen PJB untuk menciptakan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungannya dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Pilar tersebut selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dalam menggabungkan peran pemerintah dan masyarakat sipil dalam mendorong perubahan.

Penghargaan diraih melalui Program Kampung Setrum (Sentra Energi Terbarukan untuk Masyarakat) PT PJB Unit Pembangkit Paiton. Program CSR Unggulan tersebut mengedepankan penggunaan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro) sebagai motor penghasil listrik yang digunakan oleh masyarakat Desa Andung Biru tanpa komersial.

Beberapa tahap seleksi awal dilakukan sebelum PJB dinyatakan sebagai juara. Pada 9 Juli 2020 dilakukan tahap interview dengan Prichelle lim sebagai Regional Partnership Manager at Enterprise Asia yang menyelenggarakan Asia Responsible Enterprise Award (AREA). Selanjutnya pada Akhir September PJB dinyatakan sebagai juara dalam kategori social empowerment.
Ini adalah kali keempat PT PJB berhasil memperoleh penghargaan yang sama, setelah sebelumnya melalui program Akademi Komunitas pada tahun 2017; Unit Pembangkit Muara Tawar dengan Program Ekowisata Paljaya pada tahun 2018; dan Unit Pembangkit Gresik dengan Program Bawean SUstainability Village pada tahun 2019.

Asia Responsible Enterprise Award (AREA) adalah penghargaan bagi perusahaan-perusahaan pelaku tanggung jawab sosial yang diinisiasi oleh Lembaga swasta non-profit, Enterprise Asia. Diikuti oleh puluhan negara lintas Asia dengan 7 pilar/kategori, yaitu Green Leadership, Investment in People, Health Promotion, Social Empowerment, Corporate Governance, Circular Economy Leadership, dan Responsible Business Leadership.