PJB, ITS dan Pemkot Kembangkan EBT di Surabaya

PT Pembangkitan Jawa –Bali , Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersepakat untuk mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) dan energi ramah lingkungan di Kota Surabaya. Kesepakatan itu diwujudkan dalam nota kesepahaman yang ditandantangani oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara, dan Rektor ITS Prof. Ir. Joni Hermana. M.Sc. Es., Ph.d di Surabaya pada Senin (23/10) siang.

Para pihak akan mensinergikan potensi di bidang akademik, bisnis dan pemerintahan untuk mengembangkan EBT dan teknologi ramah lingkungan di Surabaya. Beberapa program yang akan dikembangkan diantaranya pengembangan pembangkit listrik energi terbarukan (baik skala kecil, menengah dan besar). Selain itu akan dikembangkan juga kendaraan listrik dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).

Mou ini sejalan dengan tekad PJB untuk menjadi yang terdepan dalam pemanfatan EBT dan juga sesuai dengan visi Pemerintah Kota Surabaya untuk menjadi kota berwawasan lingkungan. Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara berharap agar MoU segera ditindaklanjuti dengan beberapa lagkah untuk mewujudkan kesepakatan.

Rektor ITS Prof. Ir. Joni Hermana. M.Sc. Es., Ph.d menyatakan MoU hari ini merupakan pengejawantahan kerja sama antara sektor bisnis, akademik dan pemerintahan. Langkah ini dinilai strategis untuk kontribusi bagi kemajuan Surabaya.

Sementara itu Walikota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan apresiasi kepada PT PJB dan ITS yang mendukung Pemkot Surabaya dalam upaya menjadi smart city yang ramah lingkungan. Dikabarkan bahwa akhir bulan ini Surabaya akan mendapatkan pengargaan Global Green City Award di New York. Risma meyakini sinergi yang terjadi hari ini akan menjadi kekuatan dan berharap agar dapat terus dilanjutkan.