PJB Raih PROPER Emas

PROPER emas berhasil diraih PT PJB dalam ajang Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutahan (KLHK) tahun 2017. Penghargaan bagi Unit Pembangkitan (UP) Paiton itu merupakan PROPER emas pertama bagi pembangkit di lingkungan PLN Grup. Selain emas, pada acara yang digelar di Istana Wakil Presiden Jakarta pada Senin (18/12) itu, PJB juga mendapatkan tiga PROPER hijau untuk UP Gresik, UP Muara Karang, dan UP Muara Tawar.

 

Trofi PROPER Emas untuk PJB diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kala kepada Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara. Sementara trofi PROPER Hijau untuk PJB diserahkan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya kepada GM UP Gresik, GM UP Muara Karang, dan GM UP Muara Tawar.

 

PROPER emas merupakan penghargaan tertinggi dan terbaik bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang peduli terhadap lingkungan. Perusahaan dengan peringkat ini dinilai telah secara konsisten menunjukkan keunggulan lingkungan dalam proses produksi dan jasa. Selain itu perusahaan itu juga telah melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

 

Tahun ini PLN Grup meraih 1 PROPER Emas dan 13 PROPER Biru dari pembangkit yang dikelola oleh PLN, dan anak usahanya PT Indonesia Power (IP) serta PT PJB. PROPER Emas untuk UP Paiton PJB, sedangkan peringkat Hijau untuk PLTGU Priok IP, PLTGU Gresik PJB, PLTGU Muara Karang PJB, PLTU Labuan IP, PLN Tanjung jati B, PLTP Kamojang IP, PLTG Gilimanuk IP, PLTD Pesanggaran IP, PLTGU Cilegon IP, PLTGU Muaratawar PJB, PLTGU Tambaklorok IP, PLTU Asam-asam PLN, dan PLTU Indralaya PLN.

 

PROPER sebagai program pengawasan terhadap industri yang bertujuan untuk mendorong ketaatan industri terhadap peraturan lingkungan hidup memiliki lima peringkat. Emas merupakan peringkat tertinggi, disusul hijau, biru, merah dan hitam. Pada tahun 2017, KLHK menetapkan 19 perusahaan sebagai penerima penghargaan PROPER Emas dan 150 perusahaan sebagai penerima penghargaan Hijau. Sementera itu sebanyak 1486 perusahaan mendapatkan peringkat Biru, 130 perusahaan berperingkat Merah dan satu perusahaan berperingkat Hitam.