Prestasi EBT dalam Nuansa Kemerdekaan

Semangat kemerdekaan dan menciptakan inovasi seakan tak pernah padam dalam gelora tubuh PT Pembangkitan Jawa Bali. Kali ini, nafas penghargaan berhembus dari Bali. Gelar best paper berhasil diraih dalam ajang The 4th International Tropical Renewable Energy Conference (i-TREC 2019) pada 14-16 Agustus 2019.

I-Trec 2019 merupakan konferensi tahunan tentang energi terbarukan tropis dan juga forum utama untuk presentasi kemajuan dan hasil penelitian tentang Energi Baru Terbarukan di negara- negara tropis.

Predikat Best Paper didapatkan PJB dalam sub topic symposium smart grid and regulation dengan judul “ A comparative performance analysis of a 1 MWatt CIS PV system and a 5 kWatt crystalline-Si PV system under the tropical climate of Indonesia”. Paper disusun sebagai hasil kolaborasi antara praktisi PJB dengan akademisi dari University of Twente, Belanda. Praktisi PJB dalam penyusunan paper terdiri dari Dimas Kaharudin, Arirpiantoni, dan Kirjoni Mudiarto. Ketiganya berasal dari Kantor Pusat PJB, Surabaya.

Dimas Kaharudin, manajer bidang EBT, mengatakan “Infrastruktur PJB dalam bidang EBT saat ini memiliki manfaat positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan di solar PV dan menjadi rujukan bagi peneliti nasional maupun internasional”.