Pucuk Merah Percantik Cirata


Meski Hari Bumi yang diperingati tiap tanggal 22 April telah berlalu, namun semangatnya tak boleh kendor. Aksi-aksi untuk menyelamatkan lingkungan harus dilakukan sepanjang waktu. Menghijaukan lahan sekitar merupakan salah satunya, seperti yang dilakukan oleh unit-unit PJB.

Pada awal Mei lalu, UP Cirata kembali melakukan penghijauan di area sekitar kantornya. Penanaman pohon diarahkan oleh General Manager UP Cirata, Muhammad Munir, dan menjadi momen untuk memperingati Hari Bumi. Kegiatan ini melibatkan workforce UP Cirata dan masyarakat sekitar. PIKK PJB Kantor Pusat yang sedang mengadakan acara di Cirata juga berpartisipasi dalam aksi tanam pohon tersebut.

Pucuk merah dipilih sebagai pohon yang ditanam dalam kesempatan ini. Pohon ini memiliki kesesuaian dengan lingkungan UP Cirata. Selain menjadi peneduh dan penambah kesejukan, pohon yang ditanam diharapkan akan memperindah lingkungan Cirata. Gradasi warna daun pucuk merah yang indah nantinya akan mempercantik kehijauan lingkungan yang ada di sana. Pohon ini juga memiliki manfaat lain, kabarnya bisa diekstrak menjadi sumber antioksidan.

Kedatangan Persatuan Istri Karyawan Karyawati (PIKK) PJB Kantor Pusat ke Cirata untuk melakukan serangkaian kegiatan. Diantaranya pertandingan volly persahabatan dengan PIKK Cirata Raya. Pertandingan dilakukan di lapangan Cilangkap UP Cirata setelah acara tanam pohon. Acara berlangsung meriah disaksikan oleh karyawan UP Cirata dan masyarakat sekitar. Pada akhirnya, PIKK Kantor Pusat yang memenangkan pertandingan tersebut.

Kegiatan bersama antara PIKK Kantor Pusat dan PIKK Cirata Raya diharapkan menjadi sinergi dalam menjaga tali silaturahmi. Ke depan sinergi ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kontribusi mereka dalam lingkup lingkungan, kesehatan ataupun social budaya. (zrp)