Sasaka Literasi Sarana Mencerdaskan Generasi Mendatang

Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan tentang dunia pendidikan hingga pengetahuan umum. Membaca buku juga dapat memberikan manfaat seperti menstimulasi mental, mengurangi stres, menambah kosakata, hingga meningkatkan kualitas memori, yang sangat penting bagi perkembangan anak.

Melihat bermacam manfaatnya, serta sebagai dukungan bagi program pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam meningkatkan budaya minat baca masyarakat, pada Minggu (11/10) telah diresmikan Taman Baca Sasaka Literasi di Desa Cadassari. Tempat ini dapat dijadikan sebagai sarana edukatif bagi anak-anak di desa Cadassari dan sekitarnya. Mereka bisa memanfaatkan wahana tersebut untuk kegiatan belajar mengajar, membaca aneka buku, kreatifitas seni, nonton bareng dan juga sarana bermain.

Taman Baca Sasaka Literasi diinisiasi oleh Pemerintah Desa Cadassari dan penggiat lingkungan Anak Tanah Nusantara. PT PJB Unit Pembangkitan (UP) Cirata melalui CSRnya memberikan dukungan terhadap program literasi itu.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Purwakarta, Drs. H. Mohamad Ramdhan, M.Si., mengapresiasi kegiatan Taman Baca Sasana Literasi yang bertujuan untuk meningkatkan pendidikan bagi generasi masa depan. Pihaknya akan menempatkan salah satu unit mobil perpustakaan keliling dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Purwakarta untuk melakukan pelayanan di wilayah Kecamatan Tegalwaru.

Sedangkan Manajer KAD UP Cirata Priyono berharap agar Sasaka Literasi mampu meningkatkan minat baca anak sebagai generasi masa depan yang pada akhirnya dapat mencerdaskan masyarakat. CSR PT PJB UP Cirata akan senantiasa bersinergi dengan pemerintah setempat serta penggiat swadaya masyarakat sebagai komitmen perusahaan untuk pengembangan kapasitas dalam hal pendidikan dan peningkatan ekonomi masyarakat.(rck)