Konservasi Sumber Daya Kawasan Lindung PT PJB UP Paiton

 

Terumbu karang dikenal sebagai suatu sumberdaya alam yang memiliki nilai strategis dalam menunjang pembangunan yang berkeadilan dan berkelanjutan. Di Indonesia sendiri,terumbu karang termasuk dalam kategori kawasan lindung yaitu kawasan atau wilayah yang ditetapkan dengan fungsi utama untuk melindungi kelestarian lingkungan hidup mencakup sumberdaya alam dan sumber daya buatan.

Di wilayah Probolinggo, terumbu karang terutama terdapat di sepanjang pesisir desa Bhinor dan area sekitar PLTU Paiton yang mana termasuk dalam wilayah kerja PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) UP Paiton 1 & 2.

Sebagai bentuk tanggung jawab dalam konservasi sumber daya kawasan lindung, PT PJB UP Paiton 1 & 2 berinisiatif untuk melaksanakan konservasi dan pengembangan biota perairan yaitu karang dan ikan karang.

Adapun species karang yang sangat umum ditemukan di lokasi Paiton 1-2 adalah berada dalam kategori coral foliose, encrusting, submassive dan massive. Untuk ikan karang, sedikitnya 211 spesies ikan karang dari 37 famili yang dapat dijumpai disekitar perairan PLTU Paiton atau PT PJB UP Paiton 1 & 2. Famili ikan yang paling banyak ditemukan adalah Famili Pomacentridae yang terdiri atas 40 spesies.

Konservasi ini membuahkan sebuah harmoni manusia-mesin-alam, yang saling memberikan manfaat dan tetap saling menjaga, untuk memberikan masa depan yang cerah bagi penerus bangsa.