Sosialisasi Kader PHBS

 

Sebagian besar wilayah Indonesia saat ini telah memasuki musim penghujan. Air yang tercurah memberikan berkah bagi masyarakat sekaligus beberapa potensi permasalahan yang harus diantisipasi. Diantaranya potensi banjir dan munculnya penyakit seperti tipes, gatal-gatal, hingga demam darah dengue (DBD).

Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) menjadi salah satu solusi untuk menghadapi potensi penyakit yang dipicu datangnya musim penghujan. Namun sayangnya, belum semua lapisan masyarakat mengetahui dan menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-harinya. Sosialisasi diperlukan agar PHBS menjadi kebiasaan yang melekat dalam keseharian masyarakat.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap PHBS, UP Muara melakukan sosialisasi PHBS bagi warga Desa Segarajaya dan Desa Pantaimakmur di Balai Nelayan PPI Paljaya, Bekasi. Sosialisasi bagi warga desa di lingkungan UP Muara Tawar itu digelar Rabu (13/2) bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Tarumajaya. Sosialisasi diikuti oleh para kader baru PHBS, perangkat desa dan tokoh masyarakat terkait.

Sosialisasi dimaksudkan untuk meningatkan pengetahuan para kader terhadap upaya menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman. Para kader PHBS akan menjadi ujung tombak dan penggerak kebersihan di masing-masing daerahnya. Dengan cara ini diharapkan pengetahuan dan ketrampilan terkait PHBS dapat menyebar dan menjadi pengetahuan kolektif di lingkup desa. Pada ujungnya terjadi perubahan kebiasaan hidup masyarakat menjadi lebih mengedepankan pola hidup bersih dan sehat.

Kegiatan Sosialisasi PHBS dilanjutkan dengan aksi nyata berupa pembentukan kader pengawas jentik (jumantik). Mereka bertanggung jawab dalam upaya pengontrolan perkembangbiakkan jentik nyamuk dan DBD di lingkungan masing-masing. Kader jumantik diharapkan memberi dampak signifikan dalam pencegahan penyakit DBD. Kegiatan mereka didukung penuh oleh bidan di desa masing-masing. Bidan desa terlibat dalam pengawasan dan memberikan masukan bagi pelaksanaan kegiatan jumantik di lapangan.(rhm)