Teknologi Masa Depan Pembangkit ada di PJB


Terobosan dalam dunia kelistrikan di tanah air kembali dilakukan oleh PJB melalui peluncuran PJB- iCORE. Teknologi Intelligent Centre of Optimization for Reliabilty & Efficiency (i-CORE) membantu PJB dalam memantau, menganalisis, dan mendiagnosis kondisi pembangkit secara otomatis. Pantauan dilakukan melalui pengoptimalan sensor yang dipasang pada mesin pembangkit di unit. Hasilnya berupa rekomendasi untuk pemeliharaan maupun perbaikan yang diperlukan, juga untuk menggerakan peralatan secara otomatis. Rekomendasi ini diperlukan untu mencapai keandalan dan efisiensi pembangkit yang optimum.

Launching sistem ini dilaksanakan pada Jumat (24/5) di Engineering Centre Kantor Pusat PT PJB, Surabaya. Pada sambutannya, Iwan Agung selaku Direktur Utama PT PJB menyampaikan bahwa implementasi teknologi pada PJB ini merupakan yang pertama dan satu- satunya di Indonesia. i-CORE sendiri sudah diimplementasikan pada dua Unit Pembangkitan PJB, yaitu UP Paiton dan UBJOM Indramayu. Selanjutnya, i-CORE akan diterapkan di seluruh Unit Pembangkit sesuai roadmap.

Melalui i-CORE, PJB mampu memprediksi kerusakan mesin pembangkit dari jauh hari, sejak munculnya anomali di mesin, sehingga sudah dapat disiapkan tindakan dan mitigasi untuk meminimalisir unit trip/ gangguan. Selama masa uji coba pada UP Paiton, didapatkan real benefit sebesar Rp 40,015 milyar. Sedangkan potential benefitnya mencapai 139 Milyad Rupiah.