Tiga Emas dan Empat Perak untuk PJB

Bisnis kelistrikan sudah tidak dimonopoli oleh PLN. Sejak dikeluarkannya UU No.14Tahun 1985 swasta diberikan kesempatan untuk menyediakan listrik dan menjualnya pada PLN melalui pembentukan perusahaan istrik swasta (Independent power producer / IPP). Mulai saat itu dimulailah persaingan bisnis pada sektor pembangkit listrik antara pembangkit milik PLN Grup dengan swasta.

Jumlah IPP terus bertambah seiring dengan meningkatnya kebutuhan listrik. Persaingan pun makin menjadi makin ketat. PT PJB, PT Indonesia Power (IP) dan anak perusahaan serta unit lain di lingkungan PLN dituntut terus meningkatkan daya saing agar dapat menjamin kelangsungan bisnisnya.

Beberapa upaya dilakukan untuk meningkatkan semangat dalam bersaing memperbaiki kinerja di antara unit dan anak persuahaan PLN. Salah satunya melalui gelaran kompetisi seperti lomba kompetensi dan pengelolaan pembangkit yang baru-baru ini diselenggarakan di Semarang.

Lomba Kompetensi O&M Excellence dan Museum Rekor Kinerja Pembangkit dihelat oleh PT IP di Semarang pada Selasa – Rabu (24 – 25 /10) lalu. Event nasional ini diikuti oleh unit dan anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang pembangkit baik yang ada di Jawa maupun luar Jawa. Beberapa kategori dipertandingkan dalam kompetisi ini. Diantaranya kompetensi operator produksi, kompetensi teknisi pemeliharaan, dan pencapaian kinerja pembangkit di bidang EAF, EFOR, serta NPHR.

Tiga penghargaan emas (gold) dan empat penghargaan perak (silver) berhasil diraih PT PJB dalam ajang Kompetensi O&M Excellence dan Museum Rekor Kinerja Pembangkit. Gold diraih PLTA Cirata #8 untuk kategori EAF, PLTA Cirata #3 & #8 untuk kategori EFOR, dan PLTU Rembang #1 untuk kategori NPHR FTP. Sedangkan Silver diraih PLTGU GRESIK #1 & #2 dan PLTGU MUARA TAWAR #3.3 untuk kategori EFOR PLTG/U/D/DG, PLTA CIRATA #7 & #8 untuk kategori PLTA/PLTP, dan PLTU REMBANG #2 untuk kategori EFOR FTP.

Selain itu tim operasi dan pemeliharaan PT PJB yang dikirim dalam kompetisi kompetensi itu juga berhasil meraih empat piala penghargaan. Untuk kompetensi operator, PJB meraih Juara I kompetensi operator PLTGU dan Juara II kompetensi operator PLTU. Sedangkan untuk kompetensi teknisi pemeliharaan, PJB meraih Juara II kompetensi teknisi pemeliharaan PLTU dan Juara III kompetensi teknisi pemeliharaan PLTGU.

Sebagai penyempurna pencapaian prestasi PJB, pada akhir pengumuman lomba Tim Pemeliharaan PLTGU PJB dinobatkan sebagai sebagai “tim favorit terbaik” pilihan insan media. Pilihan ini diambil media setelah mengikuti, meliput dan mengabadikan seluruh rangkaian kegiatan lomba. (hdr)