UBJOM Rembang Lanjutkan Estafet Prestasi

Tongkat estafet prestasi PJB pada kancah nasional terus berlanjut. Pada Kamis (4/10) UBJOM Rembang melalui kategori Pembangkit Listrik meraih penghargaan TOP CSR 2018 yang dihelat di Golden Ballroom – The Sultan Hotel Jakarta. TOP CSR merupakan penghargaan bagi perusahaan di Indonesia yang dinilai terbaik dalam menjalankan program CSR/CommunityDevelopment. Apresiasi ini diselenggarakan oleh BusinessNews Indonesia bekerjasama dengan KNKG dan CSR Society Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PJB, Iwan Agung Firstantara juga dinobatkan sebagai TOP Leader on CSR Commitment. Hal ini memberikan pesan bahwa PJB secara keseluruhan sangat berkomitmen terhadap tanggung jawab sosial berkelanjutan yang memberikan manfaat lingkungan, ekonomi, sosial, dan budaya bagi masayarakat.

Penyelenggaraan TOP CSR dimulai dengan tahapan pengisian kuisioner dan dilanjutkan dengan presentasi penjurian serta pendalaman yang sudah dilaksanakan pada hari Selasa, 21 Agustus 2018 di Mercantile Athletic Club Jakarta Gedung WTC 1, Jakarta Selatan. Pada presentasi penjurian UBJOM Rembang diwakili oleh Sukarno selaku Manajer Keuangan & Administrasi UBJOM Rembang. Ia memaparkan implementasi CSR di unitnya yang meliputi tata kelola pelaksanaan CSR serta program-program pemberdayaan masyarakat (empowerment) dan peningkatan kapasitas (capacity building). Program tersebut bertujuan untuk mendukung pembangunan masyarakat di ring-1 PLTU Rembang. Selain itu, implementasi program-program CSR oleh UBJOM Rembang juga selaras dan mendukung program nawacita presiden RI, SDG’s dan ISO 26000.

Banyak program CSR yang telah diimplementasikan oleh UBJOM Rembang. Diantaranya Sharing Knowledge Produksi Listrik untuk bidang pendidikan. Sedangkan pada bidang ekonomi, program yang dijalankan meliputi pelatihan pembuatan kue dan makanan tradisional, pelatihan pembuatan terasi dan kerupuk, program bank sampah, dan pelatihan batik tulis. Sementara di bidang lingkungan hidup, programnya meliputi pemanfaatan kotoran hewan (biogas), dan penghijauan daerah pesisir.

Semoga capaian ini dapat memotivasi pelaku CSR PJB untuk berbuat lebih baik serta memberikan nilai positif bagi lingkungan sekitar. (ros)