UP Muara Tawar Simulasikan Penanganan COVID-19

Pandemi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) memberikan dampak bagi seluruh warga dunia. Berbagai kegiatan ekonomi terpaksa dihentikan untuk mencegah penyebarannya. Sektor kelistrikan pun tak lepas terimbas juga oleh pandemi COVID-19 yang tengah melanda negeri kita tercinta.

Selain menerapkan sejumlah protokol untuk mencegah penularan COVID-19 di lingkungan kerjanya, PJB juga melakukan melaksanakan kegiatan Simulasi Business Continuity Plan (BCP) Penanganan COVID-19. UP Muara Tawar, sebagai salah satu unit PJB, Kamis (18/6) lalu telah melaksanakan simulasi ini.

BCP atau rencana keberlangsungan usaha merupakan strategi yang disusun guna mengurangi dampak terhadap operasi unit pembangkitan. Rencana ini ditujukan untuk mempercepat respons jika terjadi bencana, memperkecil efek peristiwa yg menggangu operasional perusahaan, dan meningkatkan kemampuan perusahaan dalam proses pemulihan sesegera mungkin.

Dalam simulasi BCP penanganan COVID-19 diskenariokan adanya karyawan yang terpapar COVID-19. Disimulasikan bagaimana evakuasi karyawan yang ditengarai terkena virus dan tindakan setelah dinyatakan positif terkena. Tindakan tersebut mulai dari alur komunikasi, pembentukan tm tanggap darurat, tracing karyawan, karantina, sterilisasi ruangan, hingga mirroring operasi pembangkit.

Selain karyawan UP Muara Tawar, simulasi BCP juga melibatkan pihak-pihak terkait yaitu Polsek Tarumajaya, Koramil Tarumajaya, dan PMI Kabupaten Bekasi. Pelaksanaan kegiatan ini juga tetap menerapkan protokol COVID-19 sesuai penetapan oleh pemerintah dan peraturan perusahaan.(awg)