Warga Bencah Lesung Kembangkan Ternak Lele

Sobat PJB, keadaan ekonomi yang makin menurun membuat tingkat kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya juga ikut menurun. Mayoritas warga di daerah itu bekerja sebagai buruh harian lepas dengan penghasilan tak lebih dari Rp 40.000,- per hari. Jumlah yang belum bisa dikatakan layak untuk menjalani kehidupan di tengah kota Pekanbaru. Apalagi pekerjaan itu juga tidak selalu didapatkan oleh warga. Ada kalanya mereka harus menganggur dan tidak mendapatkan penghasilan.

Permasalahan yang dihadapi warga Kelurahan Bencah Lesung mendapatkan perhatian dari manajemen PLTU Tenayan. Tim CSR PT PJB UBJOM Tenayan melakukan mapping dan mencarikan solusi bagi permasalahan warga. Mapping dengan bantuan koordinasi dari Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Bencah Lesung itu kemudian menghasilkan program ternak lele sebagai salah satu solusinya. Iklim, lahan, dan pangsa pasar cukup mendukung bagi program tersebut.

Program budi daya lele bekerja sama dengan warga yang bernaung dalam Kelompok Usaha Bersama Pekanbaru. Pembuatan kolam dilakukan mulai Agustus hingga September 2017 pada lahan milik warga. Pelepasan bibit dilakukan Rabu (27/9) lalu dan dihadiri oleh Camat Tenayan Raya H. Abdurrahmansoleh, Lurah Kelurahan Bencah Lesung M. Zakir, manajemen UBJOM Tenayan yang diwakili Okky Kusuma Nugraha, serta warga sekitar. Sebanyak 10.000 bibit lele ditebar pada kesempatan itu.

Budidaya ternak lele diharapkan dapat mendorong perekonomian warga dan ke depan bisa menjadi ikon bagi Kelurahan Bencah Lesung. Program CSR ini merupakan salah satu bentuk kontribusi PT PJB UBJOM Tenayan dalam mengentaskan masalah sosial ekonomi yang dihadapai masyarakat. Semoga kehadiran PLTU Tenayan membawa dampak positif bagi warga sekitar PLTU Tenayan.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.