World Clean Up Day 2018

 

Masyarakat bersama UBJOM Pacitan bergotong royong membersihkan kawasan konservasi penyu Pantai Taman, Pacitan pada Sabtu (15/9) pagi. Mereka menjadi bagian dari aksi gotong royong serentak di 150 negara dan 34 propinsi di tanah air dalam World Clean up Day 2018. Pada aksi ini digemakan tekad menjadikan Indonesia bebas sampah plastik.

Peserta terdiri dari pelajar, relawan, aparat Pemkab, Dinas Kelautan dan perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, anggota TNI/Polri serta warga sekitar. Selain membersihkan sampah, pada kesempatan tersebut juga dilakukan edukasi terkait sampah plastik. Sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik, UBJOM Pacitan membagikan benerapa reuse bag pengganti karung plastik kepada peserta.

Kegiatan diakhiri dengan pelepasan tukik ke lautan lepas. General Manager PT PJB UBJOM Pacitan, Didik Mardiantara mengatakan bahwa pelepasan tukik merupakan salah satu komitmen PLTU Pacitan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Kegiatan ini menjadi kontribusi dalam upaya konservasi penyu di Pantai Taman. (ant)